Sentra Oleh-oleh Haji dengan Harga Miring

Posted 14.07 by Personal Financial Planning in


Memasuki musim haji biasanya kebutuhan akan perlengkapan muslim meningkat. Seperti misalnya busana muslim, mukena, kopiah, dan jilbab. Tak hanya untuk keperluan keberangkatan haji saja yang diperhatikan, bahkan buah tangan atau oleh-oleh haji mulai dari makanan hinggabarang seperti kopiah, jilbab, dan parfum menjadi hal utama yang perlu dipersiapkan. Bagi Anda yang ingin menjual oleh-oleh haji seperti kopiah, sarung, jilbab, dan parfum Anda bisa mengunjungi sentra-sentra yang ada di bawah ini.

Salah satu sentra pembuat kopiah ada di Kawasan Perkampungan Industri Kecil (PIK) di Jakarta Timur. Komunitas PIK didirikan pemerintah DKI Jakarta tahun 1983 dengan alasan untuk menampung para pengrajin atau pengusaha kecil seperti pengusaha tas, sepatu, konveksi atau garmen supaya memudahkan untuk membina dan mengontrol para pengrajin atua pengusaha tersebut.

Salah satu produsen kopiah, D.V Heiman dibantu istrinya Mellyana, merupakan generasi ketiga usaha kopiah orang tuanya. Bahan baku yang digunakan adalah beludru buatan Amerika merek Martin, dan buatan Korea merek Crown. Perbedaannya, beludru dari Amerika terasa lebih pekat dan halus. Heiman juga memproduksi kopiah haji dari bahan katun Tetoron yang bisa ia dapatkan di Pasar Tanah Abang. Ada juga aksesoris tambahan pada kopiahnya seperti motif kerut, seperti bordiran yang bisa dibongkar pasang, yang diperolehnya langsung dari Padang, Sumatera Utara.
Sentra berikutnya adalah sentra sarung yang berada di Kabupaten Majalaya, Bandung-Jawa Barat. Sentra sarung ini tersebar di beberapa Kecamatan seperti Kec. Ibun, Kec. Solokan Jeruk dan Kec. Paseh di mana mayoritas adalah usaha kecil menengah yang telah turun temurun.

Anda juga bisa datang ke sentra jilbab yang ada di Daera Cicalengka Bandung. Sentra ini mulai ada pada tahun 1998. Sebagian penduduk sudah mengenal usaha konveksi, tetapi, karena melihat perkembangan usaha jilbab yang terus meningkat akhirnya penduduk Cicalengka beralih ke usaha jilbab. Mulai dari jilbab segi empat hingga jilbab langsung atau bergo dengan variasi payet bisa dikerjakan di sini. Selain itu calon konsumen juga boleh menentukan desain atau motif serta bahan jilbab yang akan dipesannya dengan harga yang lebih mahal.

Sentra parfum berlokasi di Jalan Condet Raya. Dari sekian banyak yang menjadi primadonayang dijadikan oleh-oleh haji, di antaranya ialah Misik Putih, Misik Hitam, Hazar Aswad, Wahdatul Khalidz, Sulton, 2000 Bunga, 1000 Bunga dan Malaikat Subuh. Jenis parfum tersebut menjadi primadona saat ibadah haji tiba. Dengan harga per 1 ml Rp. 2.000 hingga 4.500/ml.

Sedangkan sentra tasbih dapat dijumpai antara lain di Kawasan Tanah Abang Jakarta Pusat. Di sentra ini proses pembuatan tasbih hanya proses finishing membuat rumbai pada tasbih. Sedangkan produksi dilakukan di Surabaya. Antara lain tasbih produksi YAhya di Kawasan Tanah Abang Jakarta Pusat. Sejauh ini, Yahya rutin memasok beberapa produk tasbihnya ke beberapa Daerah di Jakarta, seperti Pasar Tanah Abang, Kwitang, Senen, Jatinegara, dan Condet, rata-rata 500 kodi perbulan. Sitem pembayaran dengan system tempo 1 minggu hingga 1 bulan secara tunai (cash) tergantung kesepakatan.

Bisa menghubungi Bp. Heri HP. 081809248118

(Selected Reference: Tabloid Peluang Usaha, 25 November-08 Desember 2009, halaman 30)

0 comment(s) to... “Sentra Oleh-oleh Haji dengan Harga Miring”

0 komentar:

Posting Komentar